Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah untuk Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam- keluarga dan para sahabatnya.
Generasi sahabat adalah generasi terbaik
di muka bumi setelah para nabi dan rasul. Allah telah memuji mereka,
meridhai dan menyediakan surga untuk mereka. Bahkan menjadikan jalan
hidup mereka sebagai petunjuk kebenaran yang harus diikuti.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,
وَالسَّابِقُونَ
الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ
اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ
وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ
فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
"Orang-orang yang terdahulu lagi
yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan
Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida
kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah dan Allah menyediakan
bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka
kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar." (QS. Al-Taubah: 100)
وَمَنْ
يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ
غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ
جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا
"Dan barang siapa yang menentang
Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan
jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan
yang telah dikuasinya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahanam, dan
Jahanam itu seburuk-buruk tempat kembali." (QS. Al-Nisa': 115)
فَإِنْ آمَنُوا بِمِثْلِ مَا آمَنْتُمْ بِهِ فَقَدِ اهْتَدَوْا
"Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk." (QS. Al-Baqarah: 137)
Al-Imam al-Barbahari rahimahullah berkata: ". .maka siapa yang menyalahi para sahabat Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dalam salah satu persoalan agama maka ia telah kufur." Hal ini karena Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah menerangkan sunnah kpd umatnya dan menjelasnya dengan rinci kepada para sahabatnya, merekalah yang disebut al-Jama'ah.
Maka perhatikan, setiap orang
(khususnya) sezaman denganmu yang engkau dengar perkataanya jangan
buru-buru menerimanya sehingga engkau tanya dan lihat: apakah para
sahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam atau salah
seorang ulama mengatakannya? Jika engkau temukan satu atsar tentangnya
dari mereka maka peganglah, jangan berpaling dan memilih yang lain. Jika
tidak demikian, pasti engkau terjerumus ke neraka. (Disarikan dari
Syarhus Sunnah, point no. 8)
Oleh sebab itu penting sekali kita
membaca perjalan hidup mereka agar kita bisa mengetahui generasi
marhumah (dirahmati). Sehingga kita bisa meniru sifat-sifat mulia
mereka, meniti jalan hidup yang lurus, dan mewarisi keistiqamahan diatas
ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.
. . . setiap sahabat –alim atau awamnya, senior atau juniornya, laki-laki atau wanitanya, pedagang atau pekerjanya- semuanya cinta kepada jihad dan gugur di jalan Allah sebagai syuhada'. . .
Salah satu sifat mulia dan menonjol yang
dimiliki generasi sahabat Nabi adalah kecintaan mereka kepada jihad dan
syahid di jalan Allah.
Jika kita perhatikan perjalanan
kehidupan sahabat, setiap sahabat –alim atau awamnya, senior atau
juniornya, laki-laki atau wanitanya, pedagang atau pekerjanya- semuanya
cinta kepada jihad dan gugur di jalan Allah sebagai syuhada'. Kenapa
bisa demikian? Karena guru dan teladan mereka –Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam- senang dengan jihad dan berharap mati syahid. Ini dapat kita temukan pada jawaban beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam
atas pertanyaan beberapa shahabatnya, "Amal apa yang paling utama?"
kemudian beliau menyebutkan di dalamnya, "jihad fi sabilillah."
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata:
سُئِلَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ
قَالَ إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ جِهَادٌ
فِي سَبِيلِ اللَّهِ
"Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam
pernah ditanya, "Amal apa yang paling utama?" beliau menjawab, "Iman
kepada Allah dan Rasul-Nya." Ditanya lagi, "Kemudian apa?" Beliau
menjawab, "Jihad fi sabilillah"." (Muttafaq 'Alaih)
Dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Aku bertanya,
يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ: الإِيمَانُ بِاللَّهِ وَالْجِهَادُ فِى سَبِيلِهِ
"Wahai Rasulullah, amal apa yang paling utama? Beliau menjawab: Beriman kepada Allah dan berjihad di jalan-Nya." (Muttafaq 'Alaih)
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: "Wahai
Rasulullah, Amalan apakah yang (pahalanya) sebanding dengan Jihad fi
Sabilillah?” beliau menjawab, "Kalian tidak akan sanggup mengerjakannya."
Mereka (para sahabat) mengulangi
pertanyaan tersebut dua atau tiga kali, dan jawaban beliau atas setiap
pertanyaan itu sama, "Kalian tidak akan sanggup mengerjakannya."
Kemudian setelah yang ketiga beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,
مَثَلُ
الْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ الصَّائِمِ الْقَائِمِ
الْقَانِتِ بِآيَاتِ اللَّهِ لَا يَفْتُرُ مِنْ صِيَامٍ وَلَا صَلَاةٍ
حَتَّى يَرْجِعَ الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى
"Perumpamaan seorang mujahid Fi
Sabilillah adalah seperti orang yang berpuasa yang mendirikan shalat
lagi lama membaca ayat-ayat Allah. Dan dia tidak berhenti dari puasa dan
shalatnya, sehingga seorang mujahid fi sabilillah Ta’ala pulang." (Muttafaq 'Alaih)
Bukti lain kecintaan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam
kepada jihad dan mati syahid adalah angan-angan beliau agar beliau bisa
berperang lalu terbunuh di dalamnya, kemudian dihidupkan kembali supaya
bisa berperang di jalan Allah dan gugur di dalamnya.
وَالَّذِى
نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَوَدِدْتُ أَنِّى أَغْزُو فِى سَبِيلِ اللَّهِ
فَأُقْتَلُ ثُمَّ أَغْزُو فَأُقْتَلُ ثُمَّ أَغْزُو فَأُقْتَلُ
"Demi Dzat yang jiwa Muhammad di
tangan-Nya, sungguh aku senang berperang di jalan Allah lalu terbunuh.
Kemudian aku berperang lalu terbunuh. Kemudian aku berperang lalu
terbunuh." (Muttafaq 'Alaih, lafadz milik Imam Muslim. Dalam
redaksi lainnya, "Demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya, sungguh
aku senang terbunuh di jalan Allah lalu dihidupkan.")
Sehingga kita saksikan, para sahabat
–dengan perbedaan tingkatan mereka- berlomba-lomba untuk bisa berjihad
dan gugur di dalamnya sebagai syuhada'. Diriwayatkan dari Jabir Radhiyallahu 'Anhu: Ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam,
"Ya Rasulullah, di manakah tempatku jika aku terbunuh?" Beliau
menjawab, "Di surga." Kemudian ia lempar beberapa butir kurma di
tangannya, lalu berperang dan gugur. (HR. Muslim)
. . . para sahabat –dengan perbedaan tingkatan mereka- berlomba-lomba untuk bisa berjihad dan gugur di dalamnya sebagai syuhada'. . .
Bahkan kita lihat, jika mereka
tertinggal dari berjihad maka mereka menangis sedih. Hal ini sebagaimana
yang dialami oleh Abdullah bin Umar saat tidak dibolehkan ikut dalam
perang Badar dan Uhud karena usianya yang belum genap 15 tahun.
Al-Qur'an juga mengabadikan kisah mereka-mereka yang terhalangi dari ikut berjihad, "Dan
tiada (pula dosa) atas orang-orang yang apabila mereka datang kepadamu,
supaya kamu memberi mereka kendaraan, lalu kamu berkata: "Aku tidak
memperoleh kendaraan untuk membawamu", lalu mereka kembali, sedang mata
mereka bercucuran air mata karena kesedihan, lantaran mereka tidak
memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan." (QS. Al-Taubah: 92)
Ini berbeda jauh dengan kita, jika tidak
bisa berjihad (karena belum ada kesempatan), karena ada udzur syar'i,
atau bertemu dengan fatwa yang meringankan dari pergi berjihad maka kita
senang dan bergembira karenanya. Padahal Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah memperingatkan dengan keras kepada siapa yang belum pernah berjihad dan tidak pernah meniatkan diri untuk berjihad.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda
مَنْ مَاتَ وَلَمْ يَغْزُ وَلَمْ يُحَدِّثْ بِهِ نَفْسَهُ مَاتَ عَلَى شُعْبَةٍ مِنْ نِفَاقٍ
"Siapa yang meninggal sementara ia
tidak pernah berperang (berjihad) dan tidak pernah meniatkan untuknya,
maka ia mati di atas cabang kenifakan." (HR. Muslim) Maksudnya, ia
belum pernah berjihad dan belum pernah berkeinginan serta meniatkan diri
untuk berjihad jika ia memiliki kesempatan itu datang kepadanya.
Al-Hakim telah meriwayatkan dalam Mustadraknya (no. 2421) dari hadits Basyir bin al-Khashashiyyah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Aku pernah mendatangi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam untuk berbai'at masuk Islam. Maka beliau mensyaratkan kepadaku:
تَشْهَدُ
أَنْ لَّا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
وَتُصَلِّي الْخَمْسَ ، وَتَصُوْمُ رَمَضَانَ وَتُؤَدِّي الزَّكَاةَ
وَتَحُجَّ الْبَيْتَ وَتُجَاهِدُ فِي سَبِيْلِ اللهِ
"Engkau bersaksi tiada tuhan (yang
berhak disembah) selain Allah dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya,
engkau shalat lima waktu, berpuasa Ramadhan, mengeluarkan zakat, berhaji
ke Baitullah, dan berjihad di jalan Allah."
Dia melanjutkan, "Aku berkata: 'Wahai
Rasulullah, ada dua yang aku tidak mampu; Yaitu zakat karena aku tidak
memiliki sesuatu kecuali sepuluh dzaud (sepuluh ekor unta) yang
merupakan titipan dan kendaraan bagi keluargaku. Sedangkan jihad,
orang-orang yakin bahwa yang lari (ketika perang) maka akan mendapat
kemurkaan dari Allah, sedangkan aku takut jika ikut perang lalu aku
takut mati dan ingin (menyelamatkan) diriku."
Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menggenggam tangannya lalu menggerak-gerakkannya. Lalu bersabda,
لَا صَدَقَةَ وَلَا جِهَادَ فَبِمَ تَدْخُلُ الْجَنَّةَ ؟
"Tidak shadaqah dan tidak jihad? Dengan apa engkau masuk surga?"
Basyir berkata, "Lalu aku berkata kepada Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, aku berbaiat kepadamu, maka baitlah aku atas semua itu." (Imam al-Hakim berkata: Hadits shahih. Al-Dzahabi menyepakatinya)
. . . Maka siapa yang mengikuti para sahabat (salafi) maka ia haruslah cinta kepada jihad, ikut berjihad, dan berharap kesyahidan. . .
Penutup
Inilah kehidupan para sahabat Nabi ridhwanullah 'alaihim ajma'in.
Mereka –baik dari kalangan 'alim, faqih, muhaddits, dan selainnya-
sangat senang dan cinta kepada jihad dan ikut serta di dalamnya.
Sementara yang tidak bisa ikut, ia menangis. Tidak ada di antara mereka
yang mencukupkan diri pada menuntut ilmu, menghafal Al-Qur'an, larut
dalam ibadah shalat, puasa dan selainnya; lalu meninggalkan jihad fi
sabilillah. Semuanya menjadi tentara-tentara Allah, mujahidin, dan
perindu kesyahidan. Maka siapa yang mengikuti para sahabat (salafi) maka
ia haruslah cinta kepada jihad, ikut berjihad, dan berharap kesyahidan.
Wallahu Ta'ala A'lam. [PurWD/voa-islam.com]
No comments:
Post a Comment