Thursday, November 29, 2012

Ilmuan yang menjadi Ulama #3

Syaikh Muhammad Sholih Al Munajjid, beliau adalah seorang ulama di Saudi Arabia. Beliau memiliki pendidikan sampai di Strata S1, Bachelor Manajemen Industri. Namun lihatlah bagaiman beliau saat ini menjadi ulama yang jadi rujukan. Berikut sedikit kisah tentang beliau.
Syaikh Al Munajjid kelahiran 30 Dzulhijjah 1380 Hijriyah, umur beliau sekitar 54 tahun saat ini. Beliau menyelesaikan pendidikan dari sekolah dasar hingga menengah atas di kota Riyadh, KSA. Kemudian beliau pindah ke Zhohron untuk menyelesaikan studi di bangku kuliah (Universitas).
Beliau telah belajar dari banyak ulama, di antaranya: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz, Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin, Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al Jibrin, dan banyak mengkaji dengan membaca pada Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir Al Barrok, juga beliau membetulkan qiroah Quran pada Syaikh Sa’id Ali ‘Abdullah. Ulama lain yang beliau ambil faedah adalah Syaikh Sholih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan, Syaikh ‘Abdullah bin Muhammad Al Ghunaiman, Syaikh ‘Abdul Muhsin Az Zamil, dan Syaikh Abdurrahman bin Sholih Al Mahmud. Namun ulama yang banyak beliau ambil faedah adalah Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz, mufti Kerajaan Saudi Arabia di masa silam. Beliau punya hubungan yang erat dengan Syaikh Ibnu Baz hingga 15 tahun lamanya. Syaikh Ibnu Baz-lah yang mendorong Syaikh Al Munajjid untuk mengajar ilmu syar’i, hingga ia berada di Markaz Dakwah dan Pembimbingan di kota Dammam (sebelah timur Saudi Arabia). Karena sebab Syaikh Ibnu Baz-lah, beliau menjadi imam, khotib dan pengisi kajian Islam. Beliau saat ini menjadi imam dan khotib di Masjid Jaami’ ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz di daerah Khobar (dekat dengan kota Dammam).
Beliau punya berbagai kajian ilmiah seperti kajian tafsir Ibnu Katsir, Syarh Shahih Al Bukhari, Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Syarh Sunan Tirmidzi, Syarh Kitab Tauhid Syaikh Muhammad At Tamimi, Syarh Umdatul Ahkam, dan Syarh Kitab Manhajus Salikin.
Beliau pun menulis berbagai buku seperti Kuunu ‘alal Khoir A’waanan, Arba’un Nashihah lii Ishlaahil Buyuut, Sababan lil Khusyu’, Al Asaalib An Nabawiyah fii ‘Ilaajil Akhtho’, Sab’una Mas-alah fish Shiyam, dan masih banyak yang lainnya.
Sampai saat ini beliau aktif menulis di internet yaitu sejak tahun 1996 di website Tanya Jawab Islam, Al Islam Sual wal Jawab (www.islamqa.com). Web ini tidak hanya berbahasa Arab, namun menyediakan layanan bahasa lainnya seperti Inggris, Urdhu dan bahasa kita (bahasa Indonesia). Beliau juga membina website www.islam.ws dan memiliki website pribadi, www.almunajjid.com.
Beliau-lah yang sangat penulis jadikan rujukan ketika menyusun tulisan untuk website Rumaysho.com karena begitu mudah penyampaian dan beliau pun selalu menyarikan rujukan ilmiah disertai dengan fatwa ulama belakangan dan saat ini.
Satu lagi ilmuan yang bisa jadi motivasi kita untuk bisa belajar dan mendalami ilmu agama. Nantikan serial lainnya.

Referensi:
http://islamqa.info/ar/ref/islamqapages/5
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=144633

@ Sabic Lab, KSU, Riyadh-KSA, 13 Muharram 1434 H
www.rumaysho.com

No comments:

Post a Comment