Thursday, November 29, 2012

Ilmuan yang menjadi Ulama #2

Syaikh Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim, asalnya dari Mesir, adalah di antara ulama yang dahulunya adalah seorang muhandis (engineer). Beliau meninggalkan profesinya tersebut dan beralih menimba ilmu syar’i. Beliau sudah sangat ma’ruf dengan kitabnya yang terkenal yaitu kitab Shahih Fiqh Sunnah yang diterbitkan oleh Al Maktabah At Taufiqiyah.
Di antara guru beliau adalah Syaikh Musthofa Al ‘Adawi dan Syaikh Abu Malik di antara muridnya yang senior. Pengaruh gurun beliau sangat kuat sekali, yang hal ini bisa kita saksikan pada buku beliau, Shahih Fiqh Sunnah. Syaikh Abu Malik juga pernah belajar dari ulama-ulama di Kuwait dan ulama Saudi Arabia. Beliau banyak mempelajari ilmu hadits dan fikih. Dan saat ini sering menyalurkan ilmu fikih dan ushul fikih.
Di antara karya beliau yang terkenal adalah Shahih Fiqh Sunnah, Fiqh Sunnah lin Nisaa. Kitab lain yang beliau susun ialah Kitab fii Ahkamil Jum’ah, Kitab fii Akhthoin Nisaa’, Kitab Ta’zhim Qodrish Sholaah, dan Ta’liq ‘ala Syarh Al Baiquniyah.
Belum begitu banyak biografi tentang beliau. Namun kami sangat menggemari bahasan beliau dalam Shahih Fiqh Sunnah dan sering jadi rujukan kami dalam membahas fikih. Karena ketika beliau sebutkan perselisihan pendapat dalam sesuatu masalah disertai dalil masing-masing, lalu beliau kuatkan dengan ilmu ushul, manakah pendapat yang rojih.
Di antara video tanya jawab beliau dapat disaksikan di sini.
Semoga Allah senantiasa menjaga Syaikh Abu Malik dan memberkahi umur beliau. Nantikan serial ulama lainnya yang dahulunya adalah seorang ilmuwan.
Fawaid: Sebagai ilmuwan, Anda tidak hilang kesempatan untuk mempelajari ilmu agama, bahkan bisa pakar dalam menguasai ilmu diin tersebut.

Referensi:
1- http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=251949
2- http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=172595

@ Sakan 27 Jami’ah Malik Su’ud, Riyadh-KSA, 11 Muharram 1434 H
www.rumaysho.com

No comments:

Post a Comment